Kamis, 20 Desember 2012

Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk


Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Tanggal Posting : 21-5-2012
TANYA
“Setiap kali Nouval digigit nyamuk, selalu ada bekas di kulitnya dan sulit hilang. Bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan itu?”
Ella, ibu dari Nouval, 5 bulan.

JAWAB


KULIT KENTANG
“Semasa saya kanak-kanak, nenek sering mengoleskan bagian dalam kulit kentang jika saya memiliki bekas luka di kulit. Menurut beliau, kentang bagus untuk menghilangkan bekas luka. Awalnya saya tidak percaya dan lebih memilih pengobatan modern untuk menghilangkan bekas luka atau bekas gigitan nyamuk buat Kavi, anak saya. Tetapi, setelah saya mendapat informasi dari internet mengenai manfaat kentang untuk kulit, ternyata ajaran nenek benar. Kentang mengandung potassium dan vitamin C yang bisa menyembuhkan bekas luka termasuk bekas hitam akibat gigitan nyamuk. Saya pun melakukan hal yang sama pada Kavi, dengan mengoleskan kulit kentang pada bekas gigitan nyamuk. Hanya dalam waktu beberapa hari, bekas gigitan nyamuk di kulit Kavi hilang total.”
Dwi, 27, ibu dari Kavi Ananta, 1


GEL ALOE VERA
“Kulit Rhaka yang sensitif membuat gigitan nyamuk menjadi selalu berbekas. Saat baru digigit nyamuk, bentol di tubuhnya berwarna kemerahan, tapi lama-lama berubah menjadi kehitaman. Atas saran dokter, saya mengoleskan losion berbentuk gel dengan kandungan aloe vera atau lidah buaya yang aman untuk batita pada kulit yang digigit nyamuk. Gel lidah buaya ini juga bisa Anda buat sendiri. Cukup patahkan tangkai lidah buaya dan tekan pelan-pelan untuk mengeluarkan cairan gel alami lidah buaya. Alhamdulilllah, berkat gel lidah buaya, bekas gigitan nyamuk yang berwarna kehitaman di kulit Rhaka cepat sekali hilangnya.”
Henny, ibu dari Rhaka Anandya Mahendra, 2

MINYAK TELON DAN BODY LOTION
“Supaya tidak meninggalkan bekas kehitaman di kulit, segera setelah digigit nyamuk, oleskan minyak telon bayi pada kulit yang bentol. Lebih baik lagi jika minyak telon yang Anda oleskan memang khusus untuk mengatasi gigitan nyamuk atau gigitan serangga lainnya. Selain itu, sehabis memandikan Si Kecil di pagi atau sore hari, jangan lupa oleskan losion ke seluruh tubuhnya agar nyamuk nakal tidak lagi menggigitnya.”
Novinta Pahlani, ibu dari Pierre Hotma Damarius, 19 bulan

TEH HIJAU
“Sebenarnya gigitan nyamuk tidak akan berbekas jika tidak digaruk. Jadi yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengurangi rasa gatal akibat gigitan tersebut. Biasanya kalau Azrie digigit nyamuk, saya segera membasuh bentol-bentol di tubuhnya dengan air hangat, lalu mengoleskan minyak kayu putih atau minyak tawon. Malam hari, saat Azriel sudah tertidur saya akan mengoleskan air seduhan teh hijau ke bekas gigitan nyamuk tadi. Cara membuatnya mudah, ambil satu sendok teh hijau, masukan dalam satu liter air mendidih, tutup rapat, dan diamkan selama 5-10 menit. Teh hijau memiliki kandungan polifenol sebagai antioksidan dan vitamin E yang baik untuk kulit. Hasilnya bekas kehitaman karena gigitan nyamuk di kulit anak saya akan hilang dalam waktu cepat.”
Winny, ibu dari Azrie, 4

BAWANG PUTIH
“Agar bekas gigitan nyamuk pada Si Kecil tidak meradang dan membekas, saya menggunakan getah bawang putih. Caranya ambil satu siung bawang putih, potong menjadi dua atau ditumbuk hingga mengeluarkan getah. Setelah itu, oleskan getah ini ke kulit Si Kecil yang digigit nyamuk. Getah bawang putih bisa menjadi pertolongan pertama sekaligus perawatan luka bekas gigitan nyamuk, karena bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan antiseptik.”
Dinna, 26, ibu dari Fathir Ahmad, 4, dan Benzema Ibrahim, 1

Sumber: reblog dari 
http://www.motherandbaby.co.id/artikel/baca/2012/1285/Menghilangkan-Bekas-Gigitan-Nyamuk.html#.UNJxc_dI_60.facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar