Jumat, 22 Januari 2016

Sepercik tentang orientalisme.....


Yak, langsung aja, menurut buku gerakan keagamaan dan pemikiran yang ditulis oleh lembaga WAMY (World Assembly Muslim Youth) mengartikan bahwa:

Orientalisme adalah gelombang pemikiran yang mencerminkan berbagai studi ketimuran yang islami. Yang dijadikan obyek studi mencakup peradaban, agama, seni, sastra, bahasa, dan kebudayaannya. Gelombang pemikiran ini telah memberikan andil besar dalam membentuk persepsi Barat terhadap islam dan dunia islam. Caranya ialah dengan mengungkapkan kemunduran pola pikir dunia islam dalam rangka pertarungan peradaban antara timur (Islam) dengan Barat.

Sedang ust. Rahmat Abdullah dalam mukadimah Manhaj Haraki mengungkapkan bahwa, "Para orientalis mencoba menulis sejarah Rasul dan menampilkan dalam bentuk ilmiah sesuai dengan selera mereka. Banyak diantara mereka menutup mata terhadap unsur harakah (dakwah dan jihad) yang menjadi inti perjalanan hidup rasulullah. Memang terkadang ada pengakuan terhadap keberhasilan rasulullah, tetapi mereka berupaya mengesankannya sebagai suatu hasil kejeniusan, bukan semangat kenabian (risalah)."

*gegara ini gw penasaran gimana si isi buku fiqh jihad yang ketebalannya ngelebihin buku muqadimah ibnu khaldun gw, tapi muahaaal..... sediiih karna istilah jidah telah direkonstruksi ulang oleh media dengan sedemikian kasarnya hingga jauh dari makna aslinya yang mulia T__________T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar